Senin, 06 Agustus 2012










PUPUK ORGANIK HAYATI CAIR



BioSurePlus










BioSureplus adalah pupuk organik cair yang diperkaya dengan mikroorganisme tanah yang unggul, bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan tanah sebagai hasil proses biokimia tanah sel-sel hidup atau sel laten. Mikroorganisme tanah yang ditambahkan pada popuk organik cair adalah :

1.     Azotobacter sp. Berfungsi untuk melindungi atau menyelimuti hormon tumbuh dan juga berfungsi sebagai mikroba penambat N (nitrogen) dari udara bebas.
2.     Azoospirilium sr. Berfungsi sebagai penambat N (Nitrogen) dari udara bebas untuk diserap oleh tanaman.
3.     Mikroba Selulolitik. Menghasilkan enzim selulose yang berguna dalam proses pembusukan bahan organik.
4.     Mikroba Pelarut Fosfat. Berfungsi untuk melarutkan fosfat yang terikat dalam mineral tanah menjadi senyawa yang mudah diserap oleh tanaman, selain itu dapat membantu proses dekomposisi.
5.     Pseudomonas sp. Dapat menghasilkan enzim pengurai yang disebut lignin dan berfungsi juga untuk memecah mata rantai dari zat-zat kimia yang tidak dapat terurai oleh mikroba lainnya.
6.     Lactobacillius sp. Berfungsi untuk membantu proses fermentasi bahan organik menjadi senyawa – senyawa asam laktat yang dapat diserap tanaman.

Manfaat penambahan bioSureplus yang utama adalah memperbaiki sifat kimia, fisika, dan biologi tanah sehingga struktur dan tekstur tanah menjadi serasi dan sehat, yang berarti dapat memperbaiki pertumbuhan tanaman.

·       Dirancang untuk menetralisir atau mengurai faktor penghambat yang menyebabkan unsur hara yang terikat, sehingga perimbangan unsur hara tanah bersifat makro dan mikro tersedia lebih sempurna.

·       Bertujuan untuk meningkatkan kinerja enzim dan aktivitas mikroorganisme tanah yang menguntungkan untuk penyuburan tanah dan tanaman. Proses fotosintesa pada tanaman menjadi meningkat, sehingga bulir/benih/umbi/buah lebih padat berisi.
·       Hemat penggunaan pupuk kimia hingga 50% sehingga dapat mengurangi biaya pembelian pupuk. Meningkatkan produksi sekaligus mutu hasil pertanian.
·       Ramah lingkungan, dapat menguraikan sisa pestisida yang jatuh di tanah. Kandungan bahan organik yang tidak meninggalkan residu. Kesuburan lahan pertanian selalu terjaga.


CARA PENGGUNAAN PUPUK ORGANIK HAYATI 

A.    Aplikasi Langsung

  • Larutkan 1 liter BioSureplus ke dalam 10 Liter air. Aduk hingga merata.
  • Siram/semprotkan secara merata larutan ke tanah yang sudah diberi pupuk kimia dengan dosis yang dikurangi dari biasanya.


B. Aplikasi Tidak Langsung  

  • Masukkan 10 liter BioSurplus ke dalam drum ukuran 100. Aduk sampai merata. Tambahkan gula pasir/merah/tetes tebu (molase) sebanyak 5 - 10% dari total volume air yg akan diisi (Liter).
  • Aduk selama 10 menit. Kemudian diamkan selama 5 malam.
  • Setelah 5 hari,paginya, siramkan/semprotkan larutan aktif secara merata ke tanah.

PETUNJUK PEMUPUKAN
Jenis Tanaman
Umur Tanaman
Aplikasi
Frekuensi
Sayuran
Kangkung, Bayam, Pakcoy, Sawi dll
1 mgg
Persiapan tanah
Persemaian
Setelah penanaman
1 X

1 X
4 X Setiap 2-5 hari
Pangan & Hortikultura
Padi, Jagung, Kentang, Wo
rtel, Bawang, Kol, Tomat, Cabai, Kacang Panjang, Buncis, dll
3 mgg
Persiapan tanah
Persemaian
Setelah penanaman
1 X
1-2 X
min 2 X Setiap 5 hari
Tanaman Hias
Anggrek, Anturium


Setiap 5 hari
Perkebunan
Kelapa Sawit, Coklat, Kopi, Tebu, Karet, Mangga, Durian
Tahunan
Persiapan tanah
Persemaian

Setelah penanaman
1 X
10-20 hari sekali

1 X Setiap 30 hari

Perhatian :

  • Sebaiknya penyiraman dilakukan pada pagi hari (pukul 06.00 - 09.00) atau sore hari (pukul 16.00 - 18.00).
  • Hindari penyemprotan saat udara panas/terik matahari.
  • Jangan dicampur dengan pupuk dan pestisida kimia. Sebaiknya penyemprotan pupuk dan pestisida kimia dilakukan 2 - 3 hari sebelum atau sesudah penyeprotan BioSureplus
  • Takaran 1 sendok makan = 5 Gram untuk 1-1.5 liter air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar